3 Versi Xiaomi Mi 8 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

StoryAboutGadget - Xiaomi resmi meluncurkan lini Mi 8, yang menjadi edisi khusus ulang tahun vendor asal China tersebut. Karena edisi spesial, Xiaomi melempar tiga edisi sekaligus, yakni Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, dan Xiaomi Mi 8 SE.

Mi 8

Salah satu yang paling mencolok di ketiga edisi tersebut adalah kemunculan "notch" alias "poni" berukuran cukup lebar yang menjorok di atas display. Dengan begitu, Mi 8 resmi menjadi ponsel pertama Xiaomi dengan desain "poni" layar.

"Notch" menjadi rumah sensor kamera depan 20 megapiksel dengan teknologi AI bokeh, sensorproximity, earpiece, infrared lighting, dan infrared face unlock. Layar Xiaomi Mi 8 berbentang 6,2 inci dengan panel OLED buatan Samsung. Bodi belakangnya berbahan kaca dengan bingkai alumunium.

Tersemat set-up dual kamera di bagian belakang yang tersusun secara vertikal di sebelah kiri. Masing-masing kamera memiliki resolusi 12 megapiksel, dengan masing-masing bukaan f/1.8 dan f/2.4.

Sensor utama Xiaomi Mi 8 mengandalkan Sony IMX363 dan untuk sensor sekunder menggunakan S5K3M3 dari Samsung. Dual kamera Mi 8 diklaim menembus angka 105 skor DxOMark untuk foto. Nilai total kamera yang di dapat Mi 8 adalah 99, di mana skor ini setara dengan Samsung Galaxy S9 Plus.

Xiaomi juga mengklaim jika Xiaomi Mi 8 menjadi ponsel pertama yang mengadopsi dual-frequency GPS untuk memberikan data lokasi yang diklaim lebih akurat. Dalam peluncuran Mi 8, Xiaomi juga merilis MIUI 10, namun untuk Mi 8 masih mengunakan antarmuka MIUI 9 yang berjalan dengan OS Android Oreo yang dijanjikan bisa di-upgrade ke MIUI 10 nantinya.

Baca juga: Xiaomi 

Untuk sektor hardware, Xiaomi Mi 8 dipersenjatai chip Snapdragon 845, dipadankan dengan RAM 6 GB dan pilihan storage dari 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Khusus Xiaomi Mi 8, baterai yang terpasang berkapasitas 3.400 mAh.

Mi 8 Explorer Edition
Sebenarnya, urusan spesifikasi antara Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition terbilang sama.
Perbedaan mencolok antara keduanya hanya dari segi desain. Jika Mi 8 menyematkan sensor sidik jari dibelakang atau di punggung perangkat seperti lini Xiaomi sebelumnya, Mi 8 Explorer Edition mengusung in-display fingerprint. Ya, Mi 8 Explorer Edition telah menempatkan sensor sidik jadi di balik layar.

Salah satu kejutan Xiaomi di edisi ini adalah desain panel belakang yang transparan, sehingga komponen dalam bagian belakang terpampang jelas. Mi 8 Explorer Edition dilengkapi pula dengan teknologi pengenal wajah 3D (3D facial recognition).

Sensor ini menggantikan posisi sensor infrared face unlock di Xiaomi Mi 8 biasa.  Kami kutip dari hasil rangkuman KompasTekno dari Verge.com, Jumat (1/6/2018), Xiaomi mengklaim jika Mi 8 Explorer Edition menjadi ponsel Android pertama yang mengsung teknologi ini.

Sebelumnya, teknologi 3D facial recognition baru diadopsi oleh iPhone X. Edisi ini diluncurkan dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Xiaomi Mi 8 Explorer Edition mengusung baterai lebih kecil, yakni 3.000 mAh dengan Quick Charger 4.0 yang juga ada di Mi 8.

Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8 SE menjadi edisi terendah diantara semua lini Mi 8. Ukuran display-nya lebih mungil, yakni 5,8 inci dengan panel OLED. Edisi ini mengandalkan chip anyar Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Mi 8 SE menjadi ponsel pertama yang menyematkan chip ini untuk prosesornya.

Chip tersebut dipadankan dengan grafis Adreno 616, serta pilihan RAM 4 GB dan 6 GB dengan masing-masing kapasitas ROM 64 GB. Konfigurasi kameranya pun berbeda dari dua edisi sebelumnya.

Sama-sama mennyematkan dual-lensa, namun konfigurasi kamera utamanya 12 megapiksel dengan bukaan f/1.0 dan kamera sekunder 5 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Untuk kamera selfie di depan, masih beresolusi 20 megapiksel dengan teknologi AI bokeh.

Kapasitas baterai sebesar 3.120 mAh dengan Quick Charge 3.0. Seperti Mi 8, sensor fingerprint tersemat di bodi belakang perangkat.

Harga



Di pasaran China, Xiaomi Mi 8 akan dibanderol mulai dari 2,699 yuan (sekitar Rp 5,8 juta) untuk varian ROM 64 GB. Varian ROM 128 GB akan dibanderol 2.999 yuan (sekitar Rp 6,4 juta), sedangkan ROM 256 GB seharga 3.299 yuan (sekitar Rp 7,1 juta).

Baca juga
An
Untuk Mi 8 Explorer Edition dibanderol 3.699 yuan (sekitar Rp 8,1 juta). Mi 8 SE akan mulai dijual seharga 1.799 yuan (sekitar Rp 3,9 juta) untuk varian RAM 4 GB dan 1.999 yuan (sekitar Rp 4,3 juta) untuk varian RAM 6 GB. Flagship ini baru akan dilempar ke pasar China tanggal 5 dan 8 Juni mendatang.

Hmmm lumayan mahal jika melihat harganya. Namun, jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, harga tersebut menjadi masuk akal. Seperti pada seri-seri sebelumnya yang sudah lebih dahulu diperkenalkan harga  Smartphone buatan produsen Xiaomi semakin baru semakin bergerak menjadi mahal, kecuali untuk seri redmi yang memang dikhususkan untuk menyasar pangsa pasar entry level. Meskipun begitu, harga yang ditawarkan masih terbilang lebih murah daripada Smartphone flagship keluaran produsen ternama macam Samsung dan Apple.

Sayangnya hingga kini kami belum menemukan informasi terkait kapan  Xiaomi Mi8 Series ini akan meluncur untuk di pasarkan di Indonesia. Sebagai catatan, produk flagship dari Xiaomi sebelumnya yakni Xiaomi Mi 6 tidak dijual secara resmi oleh Xiaomi Indonesia. Namun seperti biasanya, buat kamu yang tidak sabar menunggu versi resminya diluncurkan, pasti tidak akan lama setelah dilaunching di China akan ada distributor yang memboyong Smartphone Xiaomi Mi 8 ke tanah air. Sabar ya 😁.

0 Response to "3 Versi Xiaomi Mi 8 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, silakan berkomentar:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel